Kapolres Pertama TN-1

Sungguh membanggakan apa yang diraih oleh Kompol Jeremias Rontini, alumni TN-1 yang menjadi Kapolres Boven Digoel Papua, pada Oktober 2011. Jeremias menjadi TN-1 pertama yang menjadi kapolres. Selain itu, Jeremias sekaligus menjadi kapolres pertama di angkatannya AKPOl ’96. Mantap.  Setelah menjadi kapolres, otomatis pangkat Jeremias akan naik menjadi AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi), setara Letnal Kolonel di TNI.

Selamat bertugas komandan!

Dulu, bang Jero (panggilan kami) merupakan seorang atlet hebat. Larinya cepat dan tahan lama. Dia menjadi salah satu pelari terbaik SMA TN. Jero juga bergabung dengan tim sepakbola TN-1, sehingga tim kami menjadi sangat kuat. Mirip Timnas U-23 Sea Games 2011 yang dipenuhi pemain hebat dari Papua…

Kabupaten Boven Digoel merupakan kabupaten baru yang dibentuk dengan UU Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2002, sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Merauke, bersamaan dengan sejumlah kabupaten lain di bagian selatan Papua, yakni Kabupaten Asmat dan Kabupaten Mappi.

Pada masa pemerintahan penjajahan Belanda, Kabupaten Boven Digoel dahulu dikenal dengan sebutan Digul Atas dan merupakan tempat pengasingan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Digul Atas terletak di tepi Sungai Digul Hilir, Tanah Papua bagian selatan.

Menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid 4, disebutkan Boven Digoel dipersiapkan dengan tergesa-gesa oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk menampung tawanan PKI 1926. Selanjutnya Boven Digul digunakan sebagai tempat pembuangan pergerakan nasional dengan jumlah tawanan tercatat 1.308 orang. Di antara tokoh-tokoh pergerakan yang pernah dibuang ke sana antara lain Sayuti Melik (1927-1938), Mohammad Hatta (1935-1936), Muchtar Lutffi, Ilyas Yacub (tokoh Permi dan PSII Minangkabau) dan Sutan Syahrir.

Daerah seluas 10.000 hektare itu berawa-rawa, berhutan lebat dan sama sekali terasing, kecuali melalui laut. Di sepanjang tepian sungai berdiam berbagai suku (Papua) yang masih primitif. Karena sarana kesehatan tidak ada, penyakit menular sering berjangkit demikian pula penyakit malaria yang membawa banyak korban.

(Sumber: Wikipedia).

Komentar sahabat:

Selamat utk Kompol Jeremias Rontini, menjadi Kapolres Boven Digoel Polda Papua…  Kapolres pertama angkatan WS-96 dan TN 1…
Semoga sukses selalu…. – Ary Donny

Dahsyatttt… !!!  Selamat mengemban tugas, bang Jeremias…
Goal pertama sudah dicetak…yg biasanya akan diikuti oleh goal2 selanjutnya….:) – Humbul

Selamat Kaka Jero… Ruarr biasaa… – Alfis Suhaeli

Selamat Komendan Jeremi, semoga sukses selalu..turut bangga. – Agus Subandono

Selamat Bang Jero !
Sebuah kebanggaan sekaligus amanah untuk diemban ! Selamat menjalankan tugas! Semoga rekan Polisi TN 1 lainnya segera menyusul !
Turut berbahagia – Dwianto Arif

Sumber: https://tnsatu.wordpress.com/page/3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *