Selamat Jalan Ichsan Abubakar

Sampai 20 Juli 2021, sudah 14 orang kawan kami seangkatan menghadap sang ilahi. Selasa kemarin, menjelang pergantian tanggal, Ichsan Abubakar, siswa kiriman Panda (Panitia Daerah) Jawa Barat, meninggalkan kami karena sakit. Saudaraku, tuntas sudah tugasmu di dunia. Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah swt. Semoga sakitmu menjadi jalan terhapusnya dosa-dosa.

Sebagian besar dari kami memang lama tidak berinteraksi denganmu, kawan. Tidak sedikit yang memberikan istilah si anak hilang kepadamu. Namun, kami tetap selalu mengingatmu kawan. Kami ingat kebaikan-kebaikanmu. Kami ingat canda tawamu dulu. Kami selalu ingat meski sudah sekian lama berlalu. Kami akan tetap menyimpan memori itu dalam kepala meski sebagian dari kami mungkin terakhir berjumpa denganmu tahun 1993 lalu, ketika kita semua lulus dari Lembah Tidar.

Tidak banyak yang tahu kiprahmu setelah lepas dari SMA. Namun, percayalah saudaraku, doa kami selalu saling mengiringi. Darah kita memang beda asal, namun pikiran, hati, dan jiwa kita sudah menyatu. Sampai kapan pun engkau adalah saudaraku, saudara kami. Saudara seperjuangan selama tiga tahun bersimbah peluh di kampus SMA Taruna Nusantara. Sama-sama senang dan sama-sama sedih. Kita sudah alami semuanya bersama.

Saudaraku Ichsan kepergianmu kembali membuat mata kami basah. Sebanyak apa pun tetes-tetesnya tentu tak akan cukup untuk mengiringi kepergianmu. Hanya doa kami untukmu, Semoga Allah swt., mengampuni segala dosa-dosamu dan menerima seluruh amal ibadahmu…

Innalillahi wa innailaihi rojiun.

Seluruh makhluk akan kembali ke pangkuan Sang Pencipta.

Kami yang masih hidup, tinggal menunggu giliran saja…

Dodi Mawardi

Dodi Mawardi

Penulis profesional & pembicara bidang jurnalistik/komunikasi. Berpengalaman mengelola perusahaan dan bisnis. Hidup begitu berwarna. Alhamdulillah...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *