Letkol laut Daru Cahyo Komandan KRI Diponegoro

Surabaya, 28 April 2014

Enam jabatan Komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dijajaran Satuan Kapal Eskorta Komando Armada RI Kawasan Timur (Satkor Koarmatim) diserahterimakan dalam upacara militer yang dilaksanakan di Dermaga Satkor, Ujung, Surabaya, Senin (28/04). Upacara serah terima jabatan ini dipimpin Inspektur Upacara Komandan Satkor Koarmatim Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah dengan pasukan upacara terdiri dari prajurit unsur-unsur jajaran Satkor Koarmatim.

Enam jabatan komandan unsur tersebut yaitu jabatan Komandan KRI Yos Sudarso-353 dari Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta digantikan oleh Letkol Laut (P) Sigit Santoso yang sebelumnya menjabat Komandan Lanal Sangatta. Sedangkan Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta akan menjabat sebagai Komandan KRI jenis Multi Role Light Fregate (MRLF) yang akan datang dari Inggris.

Jabatan Komandan KRI Oswal Siahaan-354 dari Kolonel Laut (P) Antonius Widyo Utomo digantikan Letkol Laut (P) Avianto Rooswirawan yang sebelumnya menjabat sebagai Paban Ops Staf Operasi Koarmatim. Sedangkan Kolonel Laut (P) Antonius Widyo Utomo akan menjabat sebagai Komandan KRI jenis Multi Role Light Fregate (MRLF) yang akan tiba dari Inggris.

Sedangkan jabatan Komandan KRI Sutan Iskandar Muda-367 diserahkan dari Letkol Laut (P) Hudiarto Kresno Utomo kepada Letkol Laut (P) I Gung Putu Alit Jaya yang sebelumnya menjabat Komandan KRI Nala-363. Letkol Laut (P) Hudiarto Kresno Utomo akan menempati jabatan barunya sebagai Komandan KRI Karel Satsuittubun-356. Sedangkan jabatan Komandan KRI Nala-363 yang kosong akan ditempati Letkol Laut (P) Setyawan, S.T.

Sementara itu Letkol Laut (P) Daru Cahyo Sumirat dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan KRI Diponegoro-365 menggantikan Letkol Laut (P) Hersan, S.H. yang mendapat promosi jabatan sebagai Komandan KRI Slamet Riyadi-352. Sedangkan Jabatan Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 akan ditempati Letkol Laut (P) Heri Triwibowo menggantikan Letkol Laut (P) Haris Bima yang akan menjadi Komandan KRI Ahmad Yani-351.

Dalam amanatnya, Komandan Satkor menyatakan bahwa serah terima jabatan merupakan hal yang wajar, dimana hal ini merupakan rangkaian pembinaan personel di lingkungan TNI AL. Ini merupakan kesempatan dan peluang para perwira untuk mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan sekaligus dapat mewujudkan organisasi yang lebih segar, sehat dan dinamis.

Komandan Satkor juga mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas ditempat baru kepada para pejabat lama, dan mengucapkan selamat bertugas dilingkungan baru Satkor kepada para pejabat baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *