Kiprah Positif AKBP Dr. Barito Mulyo Kapolres Konawe

Konawe, Sultra Ekspress
Kepedulian Kapolres Konawe AKBP Dr. Barito Mulyo Ratmono,SIK.,SH.,M.Si kepada warga terisolir patut diacungkan jempol mengingat sejumlah kegiatan yang berbasis kemasyarakatan telah dilakukannya sungguh sangat menyentuh dan bahkan masyarakat kampung yang di kunjunginya merasa sangat terharu akan kehadirannya. Perjalanan yang dilakukan AKBP Dr Barito MR ini dilakukan pada hari Jum’at tanggal 7 Maret 2014 sampai 8 Maret 2014.

Perjalanan menuju Desa Nesowi Kecamatan Latoma Kabupaten Konawe ditempuh sekitar lima jam untuk datang menemui warga di daerah itu, hal itu dilakukannya adalah untuk melihat secara langsung dan mendengar pendapat masyarakat desa mengenai apa dan bagaimana kinerja anggota Polres Konawe yang dipimpinnya selama ini serta memberikan sejumlah nasehat, saran dan masukan kepada warga desa terkait masalah kepedulian lingkungan, akibat buruk pembalakan liar, akibat buruk komsumsi Miras dan akan didirikannya Polsek serta penambahan personil Polri di daerah itu untuk menciptakan kondisi nyaman dan tenteram masyarakat di wilayah hukum Polres Konawe. Perjalanan Kapolres Konawe menggunakan tiga unit kendaraan Hilux yang mana salah satu diantaranya ditumpangi oleh salah satu perwira dan para Jurnalis.

Selain Desa Nesowi yang dikunjunginya Kapolres Konawe juga mengunjungi Desa Waworaha, Desa Ambekairi, Asinua Jaya, Asinua Tua dan Desa Titiowa Kecamatan Latoma. Desa Nesowi merupakan desa terujung dan berbatasan dengan Kolaka Utara sebelah utara timur laut dan Kolaka Timur bagian utara. Adapun letak Desa ini sekitar lebih kurang 100 Km arah utara Kota Unaaha Konawe. Perjalanan menuju daerah tersebut jika musim kemarau bisa ditempuh sekitar empat sampai lima jam dan jika musim hujan maka anda siap-siap untuk bermalam dijalan, mengingat jalan menuju ke desa itu masih banyak yang rusak serta berkubangan lumpur.

Jika tak mahir maka kendaraan anda akan tertanam dijalan dan butuh waktu lama untuk lolos dari kubangan lumpur tersebut. Bahkan kendaraan roda empat yang bisa lewat dijalur itu tertentu jenisnya, seperti Hartop, Hilux dan kendaraan lain yang memiliki kekuatan ekstrim . Laju kendaraanpun terbatas sehingga perjalanan menuju daerah itu sungguh sangat melelahkan namun karena keindahan alam sekitar semua jadi sirna ditelan keindahan alam Latoma.

Perjalanan yang dilakukan oleh AKBP Dr.Barito MR diikuti sejumlah personil Polres Konawe diantaranya, Kabag Ops Polres Konawe Kompol Jarwadi, Kabag Ren Polres Konawe AKP Aris, Kasat Sabhara AKP Irwan Tahir, Kanit Dalmas Bripka Muhdin Tidore bertolak dari Polres Konawe sekitar pukul 13.15 wita dan tiba sekitar pukul 18.45 wita di desa Nesowi. Kehadiran Kapolres Konawe disambut meriah oleh warga desa Nesowi bahkan dari sejumlah desa lainnya berdatangan menemui secara langsung AKBP Dr.Barito MR karena menurut warga baru kali ini ada Kapolres yang berkunjung ke desa meraka sehingga mereka sangat ingin melihat dan bertatap muka dengannya. Warga mengakui jika mereka tidak tahu bagaimana itu yang namanya Kapolres karena kampung mereka tak pernah di kunjungi oleh Kapolres sejak adanya Polres Konawe.

Sumber: https://tnsatu.wordpress.com/2014/05/28/kiprah-positif-akbp-dr-barito-mulyo-kapolres-konawe/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *